Vitamin E Dapat Memicu Katarak

katarakPara peneliti mengatakan bahwa kadar vitamin E yang berlebihan dapat memicu risiko terjadinya katarak sebanyak 60 persen. Sedangkan kelebihan vitamin C diketahui juga dapat meningkatkan risiko kebutaan pada mata sebanyak 20 persen. Temuan ini berdasarkan penelitian yang melibatkan kurang lebih 31 ribu orang berusia antara 45 hingga 79 tahun. Dari penelitian tersebut, diketahui sebanyak 3 ribu orang partisipan memerlukan perawatan khusus pada mata.

Menurut para peneliti, suplemen vitamin E dan vitamin C sebelumnya diduga dapat melindungi mata dari kebutaan dan katarak, karena kedua vitamin tersebut kaya akan antioksidan. Namun jika pengonsumsiannya berlebihan, ternyata keseimbangan protein pada mata dapat terganggu dan malah rentan terhadap penyakit.

Menurut para peneliti, tubuh manusia tidak mampu menyimpan atau memproduksi vitamin C. Sumber vitamin ini berasal dari buah-buahan dan sayuran sebanyak 40 miligram sehari. Manfaatnya adalah untuk menjaga kesehatan sel dan mempercepat penyembuhan. Mereka juga mengatakan bahwa pemilihan vitamin dalam buah atau sayur adalah cara terbaik untuk memenuhi kebutuhan vitamin harian yang dibutuhkan oleh tubuh.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s