Manfaat Sehatnya Dibalik Pahitnya Makanan

pare
1. Membantu Pencernaan
Produksi enzim pencernaan yang ada di dalam tubuh bisa ditingkatkan dengan mengonsumsi makanan pahit. Makin baik pencernaan makanan, makin banyak pula nutrisi yang dapat diserap tubuh.

2. Kaya vitamin dan mineral
Sayuran pahit seperti pare menawarkan segudang nutrisi yang baik bagi tubuh. Makanan pahit memiliki kandungan vitamin C, K, dan A, serta mineral seperti magnesium, kalsium, dan kalium. Sayuran-sayuran pahit juga kaya akan serat, dan foliate, namun rendah sodium dan lemak.

3. Melawan radikal bebas
Studi terbaru telah menunjukkan bahwa makanan pahit, termasuk salah satunya adalah cokelat pahit dapat membantu memerangi radikal bebas di dalam tubuh. Dengan kata lain, hal tersebut dapat mencegah penyakit kanker ataupun penyakit saraf.

4. Mengusir racun yang ada di lever
Kesehatan hati memainkan peran penting terhadap kesehatan tubuh secara keseluruhan. Mencegah kesehatan hati bisa dilakukan dengan cara mudah dan sederhana, yakni mengonsumsi makanan pahit. Sayuran pahit seperti kale(sejenis kubis) dan sayuran lainnya yang mengandung phytonutrien dapat membantu lever atau hati melakukan tugasnya seperti menyeimbangkan hormon, menjaga tingkat kolesterol, dan menghilangkan racun dari darah.

5. Mengurangi ketagihan gula
Mengonsumsi banyak gula atau makanan manis bisa memberikan dampak negatif bagi kesehatan tubuh, terlebih lagi bila anda mempunyai masalah dalam mengontrol gula darah. Kecanduan akan gula atau makanan manis bisa dikurangi dengan cara mengonsumsi makanan-makanan pahit.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s